Agar Jantung Sehat, Hindari Beberapa Makanan Penyebab Penyakit Jantung Koroner Ini

Agar Jantung Sehat, Hindari Beberapa Makanan Penyebab Penyakit Jantung Koroner Ini

Agar Jantung Sehat, Hindari Beberapa Makanan Penyebab Penyakit Jantung Koroner Ini

Agar Jantung Sehat, Hindari Beberapa Makanan Penyebab Penyakit Jantung Koroner Ini Kita sering mendengar ucapan, “Mumpung masih muda, makan apa saja sih bebas” eiiits jangan salah. Kebiasaan yang buruk akan membentuk pola. Pola inilah yang akan sulit sekali dihilangkan. Tahukah Anda bahwa proses terjadinya plak sudah mulai berlangsung sejak usia muda. Jika pembentukan plak yang tertimbun di dalam lapisan terdalam pembuluh darah ini berlangsung secara terus menerus, ditambah kondisi pembuluh darah yang mengalami pengerasan, maka kondisi ini akan berisiko menimbulkan penyakit jantung koroner.

Dewasa ini pola makan masyarakat dunia cenderung berubah menjadi makanan siap saji yang banyak mengandung kalori, lemak, protein, dan garam tinggi namun rendah serat. Makanan yang terasa nikmat di lidah dan praktis serta harganya yang semakin terjangkau tersebut sangat digemari kawula muda dan anak – anak. Bahkan sering kita jumpai perubahan status gizi anak menuju obesitas.

Berikut beberapa makanan penyebab penyakit jantung koroner yang harus dihindari :

  • Olahan Keripik

Makanan olahan keripik yang dikonsumsi berlebihan memiliki potensi menyebabkan penyakit jantung karena mengandung lemak trans yang akan meningkatkan kolesterol jahat dalam darah, yang menghambat aliran darah. Keripik juga tinggi lemak dan kalori yang akan meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan obesitas. Secara langsung berdampak meningkatkan risiko diabetes mellitus, penyakit jantung dan kanker.

  • Kuning Telur

Kolesterol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kuning telur pada satu butir telur besar mengandung 186 mg kolesterol. Batasan orang sehat hanya boleh mengkonsumsi kolesterol tidak lebih dari 300 mg per hari sementara penderita DM, jantung dan kolesterol dibatasi hanya sampai tidak lebih dari 200 mg per hari.

  • Garam

Orang normal harus membatasai konsumsi garam hingga 2300 mg per hari. Sementara konsumsi dibatasi lagi hingga 1500 mg per hari pada orang yang berusia diatas 50 tahun, penderita hipertensi (darah tinggi), ginjal, dan  diabetes. Garam membuat tekanan darah meningkat yang berbahaya bagi kesehatan kardiovaskular.

  • Lemak Jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh antara lain daging merah, aneka prouk susu, kelapa dan minyak sawit dapat menyebabkan arteri pada organ jantung mengeras dan menyempit

Agar Jantung Sehat, Hindari Beberapa Makanan Penyebab Penyakit Jantung Koroner Ini

  • Makanan manis

Makanan manis dapat menyebabkan penyakit kencing manis atau Diabetes Mellitus. Kencing manis dapat menimbulkan faktor risiko penyakit jantung.

Agar Jantung Sehat, Hindari Beberapa Makanan Penyebab Penyakit Jantung Koroner Ini

  • Makanan fast food yang dipanggang

Zat NFCs adalah racun yang dihasilkan ketika kita memasak makanan pada suhu tinggi lebih dari 150 derajat Celcius. Salah satu jenisnya yaitu TFAs atau Trans fatty acids dapat menyebabkan pembuluh darah tersumbat dan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Bagikan informasi bermanfaat Agar Jantung Sehat, Hindari Beberapa Makanan Penyebab Penyakit Jantung Koroner Ini kepada teman dan keluarga Anda. Salam sehat.

Baca juga : Rekomendasi Rumah Sakit Khusus Jantung dan Pembuluh Darah di Jakarta Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *