Eksistensi Kue Rangi Kue Tradisional Budaya Betawi

Eksistensi Kue Rangi Kue Tradisional Budaya Betawi

Eksistensi kue rangi sebagai kue tradisional dari budaya Betawi semakin dipertanyakan keberadaannya.

Sepulang kelas Yoga di Himaya Studio Jatiwaringin, pada Sabtu pagi nan mendung, dalam perjalanan pulang ke rumah melalui Perumahan Bumi Makmur, bertemulah saya dengan gerobak kue ini.

 

Kue rangi, atau juga yang disebut sagu rangi ini merupakan salah satu kue tradisional Betawi yang sudah jarang sekali dijumpai. Di beberapa tempat seperti Jalan Raya Condet dan Jembatan Kali Molek (Sekolah Santo Markus) kalau berjodoh masih bisa ketemu. Ada juga yang pasti mangkal di depan Sekolah Haqi School Jatiwarna. Biasanya penjualnya menggunakan gerobak dorong atau pikulan.

Kue ini terbuat dari campuran tepung kanji (orang Betawi biasa menyebutnya tepung sagu) dengan kelapa parut yang dipanggang dengan cetakan khusus di atas tungku kecil sekitar 2 hingga 3 menit. Namun menurut cerita Bapak penjualnya kali ini, tepung yang digunakan khusus dan tidak dijual dipasaran yaitu tepung rangi dicampur tepung ketan.

 

Eksistensi Kue Rangi Kue Tradisional Budaya Betawi
Gerobak dorong kue rangi

Kue rangi disajikan dengan olesan gula merah yang dikentalkan dengan sedikit tepung kanji, sementara menurut Bapak ini dia tidak menggunakan sagu melainkan Tepung Hun Kwe.

Kue ini memiliki rasa yang gurih dan beraroma wangi karena dimasak dengan cara dipanggang menggunakan bahan bakar berupa kayu bakar. Alasannya supaya api tidak terlalu besar sehingga tidak mudah gosong hasil kuenya maupun olesan gula merahnya.

Cetakan kue ini mirip dengan cetakan kue pancong atau bandros tetapi ukurannya lebih kecil.

Harga 1 papannya variasi dari IDR 3000 hingga IDR 5000, murah kan? Kue ini paling enak dimakan hangat – hangat. Rasanya gurih dan manis. Sebelum sampai rumah karena pasca kehujanan, ludeslah kue ini saya lahap sambil menunggu hujan reda.

Baca juga : Filosofi Mie Goreng Panjang Umur Dalam Budaya Chinese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares