Gabus Pucung Betawi, Masakan Nusantara Penggugah Selera

Gabus Pucung Betawi, Masakan Nusantara Penggugah Selera

Gabus Pucung Betawi, Masakan Nusantara Penggugah Selera

Masakan gabus pucung merupakan salah satu simbol dari masakan nusantara yang berasal dari Betawi. Masakan ini sudah terkenal sejak tahun 1980-an terutama di daerah Bekasi, salah satu kota di Jawa Barat. Makanan ini nikmatnya disantap sebagai menu makan siang berbarengan dengan nasi hangat.

Gabus pucung memiliki tampilan kuah hitam mirip rawon yang amat menggugah selera. Memiliki cita rasa asin, gurih dan segar dengan dominan rasa rempah. Warna hitamnya berasal dari penggunaan sayur pucung. Pucung yang berkualitas merupakan kunci kenikmatan pada masakan ini.

Gabus Pucung, Kuliner Betawi Penggugah Selera

https://www.khasiat.co.id

 

Sedangkan gurih kuahnya berasal dari bumbu ulekan kemiri, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, daun salam, daun bawang yang dipotong kecil, serai, dan cabai hijau. Racikan bumbu – bumbu tersebut akan dimasak bersama ikan gabus matang yang sudah digoreng.

Gabus pucung berasal dari dua bahan utama yaitu ikan gabus dan buah pucung. Ikan gabus  merupakan ikan yang hidup di air tawar terutama rawa. Pada zaman kolonial Belanda, ikan gabus menjadi pilihan rakyat untuk diolah menjadi masakan karena terasa murah bagi rakyat jelata dibandingkan ikan mas, gurame dan mujair.

Pohon pucung (kluwek) banyak tumbuh di daerah Betawi tempo dulu terutama di daerah-daerah pinggiran Jakarta seperti Depok, Cibubur, dan beberapa daerah lainnya.

Gabus Pucung Betawi, Masakan Nusantara Penggugah Selera

Salah satu rahasia yang membuat masakan ini jadi sedap juga berasal dari bumbu yang ditumbuk manual tanpa blender. Selain soal bumbu, ikan gabus yang digunakan juga harus berkualitas, segar tidak amis, dan bersih.

Pada beberapa penyajian, kuah masakan ini ditambahkan beberapa sayuran seperti wortel dan kembang kol. Irisan daun bawang pun ditambahkan di atasnya untuk menciptakan aroma yang khas.

Nah, jadi kamu sudah tidak penasaran lagi kan apa itu Gabus Pucung Betawi, Masakan Nusantara Penggugah Selera?

 

Baca juga : Kelezatan Kuliner Khas Betawi di Warung Pecak Betawi Jatiwarna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares