Kandungan Albumin Ikan Gabus dan Manfaatnya pada Periode Emas Pertumbuhan Anak

Kandungan Albumin Ikan Gabus dan Manfaatnya bagi Periode Emas Pertumbuhan Anak

Ikan Gabus (Channa striata) dikenal sebagai common snakehead alias kepala ular, dengan nama beken lainnya yaitu ikan kutuk. Merupakan ikan yang hidup dan berkembang biak secara liar dan bebas di air tawar, seperti sungai, rawa, parit dan danau. Sebagai predator, ia memangsa ikan kecil, serangga, anak katak (berudu), keong, cacing dan jenis hewan air lainnya.

Ikan gabus dewasa dapat berkembang hingga mencapai panjang satu meter. Berkepala besar agak gepeng mirip kepala ular dengan sisik-sisik besar di atas kepala. Memiliki semacam organ labirin (seperti pada lele atau betok) sehingga memiliki kemampuan adaptif terhadap lingkungan yaitu berpindah atau mengubur diri dalam lumpur saat perairan mengering dimana air memiliki kadar oksigen yang sedikit. Sekilas mirip lele namun tanpa kumis.

Rasa ikan gabus ini mirip lele, gurih dengan dagingnya lebih tebal dan bertekstur lembut empuk serta tidak lembek sangat mudah dicerna oleh bayi, anak – anak, manula serta pasien –pasien penyakit berat yang mengalami kekurangan albumin.

Kandungan gizi ini yang ikan gabus sangat baik untuk meningkatkan gizi janin, ibu hamil dan anak. Kandungan protein ikan gabus sebesar 25,5%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng (20,0%), ikan mas (16,0%), ikan kakap (20,0%), maupun ikan sarden(21,1%).

Sebuah tinjauan studi tahun 2012 oleh peneliti dari Universitas Brawijaya (Unbraw) diMalang, menyimpulkan bahwa ekstrak ikan gabus merupakan sumber potensial Albumin dan protein yang juga mengandung asam amino lengkap serta mikronutrien seperti zinc, selenium, dan zat besi. Ikan gabus juga mengandung asam lemak seperti Eicosapentaenoic acid (EPA), Docosahexaenoid Acid (DHA) yang berperandalam menjaga fungsi otak dan retina mata.

Ikan gabus kaya akan albumin, suatu protein tertinggi yang terdapat di dalam plasma. Albumin yang terdapat pada ikan Gabus memiliki kadar yang sangat tinggi, yaitu sebanyak 62,24 g/kg. Manfaat albumin dapat membantu meningkatkan pertumbuhan si kecil, termasuk menaikkan berat badan bayi dan balita hingga orang dewasa, membantu pembentukan sel baru dan perbaikan jaringan sel yang terdapat di dalam tubuhnya.

Pada anak yang sedang berada di fase periode emas pertumbuhan (goldenage) yaitu usia 1-5 tahun, kekurangan albumin dalam tubuh (hypoalbumin) menyebabkan nutrisi tidak bisa diedarkan dengan baik ke seluruh tubuh. Bagi anak, kekurangan albumin akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan, perkembangan otak yang tidak maksimal, penurunan kekebalan tubuh hingga menyebabkan anak mudah sakit.

https://pixabay.com/en/feet-children-s-feet-baby-barefoot-619399/

Kekurangan albumin akan sangat mengganggu pertumbuhan badan dan otaknya. Semakin sedikit albumin, pertumbuhan sel di tubuh dan otak akan semakin lambat. Pertumbuhan sel yang lambat inilah yang menyebabkan anak lambat perkembangan tubuhnya serta menjadi kurang cerdas.

https://pixabay.com/en/music-kids-children-play-xylophone-818459/

Ketika pasokan albumin berlebih, tubuh akan menyimpannya sebagai massa otot, sehingga orang sehat pun aman mengkonsumsi albumin sebagai suplemen.

Bagi orang dewasa ikan gabus bermanfaat untuk pertumbuhan dan pertumbuhan otot, mempercepat penyembuhan luka, lukapersalinan serta luka pasca operasi, menjaga kadar cairan dalam tubuh,mengatasi pembengkakan di tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu proses penyembuhan berbagai penyakit.

Lantas bagaimana solusinya agar lebih gampang dan disukai anak? Untuk anak sekarang tersedia dalam bentuk Vitabumin yang membuat anak senang mengkonsumsi karena rasanya yang manis.

Banyak orang tua merasa sudah cukup memberi asupan makanan yang bergizi yang seimbang kepada anaknya seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Tetapi setelah dianalisis, ternyata banyak dari orang tua yang tidak menyadari bahwa yang diberikan kuantitasnya masih kurang dari kebutuhan yang diperlukan anak.

Nah jadi jangan ragu lagi yah buat konsumsi ikan ini karena manfaatnya super banyak. Buat teman – teman yang tidak tahu dimana bisa menemukan ikan gabus untuk dikonsumsi, bingung cara mengolahnya atau tidak mau repot, kalian bisa kunjungi beberapa warung makan yang menyediakan menu ikan gabus salah satunya Warung Pecak Betawi Jatiwarna Bekasi yang menyajikan berbagai sajian kuliner khas Betawi termasuk Gabus Pucung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares