Mana yang lebih efektif, kompres air hangat atau dingin jika anak demam?

Mana yang lebih efektif, kompres air hangat atau dingin jika anak demam?

Mana yang lebih efektif, kompres air hangat atau dingin jika anak demam?

Mana yang lebih efektif, kompres air hangat atau dingin jika anak demam? Bunda pasti was – was jika si buah hati mengalami demam. Demam adalah suatu respon tubuh dimana suhu tubuh anak mengalami peningkatan. Bayi dan anak dikatakan demam jika suhu yang tertera pada termometer menunjukan angka ≥ 37,5° Celcius. Pengukuran ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut termometer. Termometer yang lazim dan praktis digunakan yaitu jenis digital dengan harga terjangkau mulai dari IDR 20,000,- pastikan di rumah Bunda sudah ada ya sehingga sewaktu – waktu tidak panik saat mendapati anak demam.

Mana yang lebih efektif, kompres air hangat atau dingin jika anak demam?

Pada dasarnya demam adalah bagian dari beberapa gejala yang menyertai penyakit infeksi maupun non infeksi. Beberapa penyakit infeksi yang menyebabkan demam dapat disebabkan oleh virus, bakteri, jamur maupun parasit. Sedangkan demam yang disebabkan karena kondisi non infeksi misalnya paparan panas yang berlebihan (overheating), kekurangan cairan atau dehidrasi, alergi, maupun gangguan sistem daya tahan tubuh.

Mana yang lebih efektif, kompres air hangat atau dingin jika anak demam?

Demam sebenarnya diperlukan sebagai respon dalam upaya meningkatkan pertahanan tubuh. Namun rasa tidak nyaman pada pasien demam yang sering diikuti dengan gejala sakit kepala, nyeri sendi dan otot, menjadi aspek yang patut diperhatikan untuk kita berupaya menurunkan demam, terutama pada bayi dan anak. Secara umum, demam terjadi akibat ketidakseimbangan antara peningkatan produksi panas tubuh dengan pengeluaran panas tubuh. Maka upaya menurunkan demam tidak lain adalah mencari cara bagaimana pengeluaran panas dapat ditingkatkan.

Beberapa TIPS yang bisa dilakukan saat anak demam yaitu :

  • Ganti pakaian dengan bahan yang lebih terbuka dan tipis
  • Hindari selimut tebal
  • Perbanyak ventilasi rumah
  • Seka kulit atau kompres dengan air hangat pada area wajah, leher, ketiak
  • Berikan minum air putih yang cukup
  • Istirahat yang cukup
  • Berikan antipiretik (obat penurun panas) seperti parasetamol atau ibuprofen

Pada anak yang demam, selain terapi obat – obatan serta pemberian cairan yang cukup, kompres dikenal manjur dalam menurunkan suhu tubuh. Kompres adalah suatu tindakan memberikan rasa hangat pada pasien dengan menggunakan kain, handuk, atau sapu tangan pada permukaan kulit tubuh tertentu yang sebelumnya sudah dibasahi, baik air hangat ataupun air dingin. Namun teknik kompres dingin sudah jauh lebih dulu dikenal  oleh masyarakat luas dan dilakukan secara turun temurun.

Mana yang lebih efektif, kompres air hangat atau dingin jika anak demam?

Tujuan kompres antara lain :

⇒ Memberikan rasa nyaman atau hangat dan tenang pada pasien

⇒ Mengurangi rasa sakit atau nyeri, kejang pada otot dan peradangangan

⇒ Memperlancar sirkulasi darah

⇒ Menurunkan suhu tubuh saat demam

Alasan mengapa air hangat lebih efektif? Kulit tubuh yang kontak dengan air dingin, maka pembuluh darah akan menyempit  sehingga menyulitkan pengeluaran panas tubuh. Selain itu, benda dingin yang ditempelkan di tubuh juga akan menyebabkan pengatur suhu yang terdapat di hipotalamus otak kita akan keliru memberi perintah sehingga respon yang diharapkan menjadi kacau.

Sekian informasi dari saya, jadi Bunda sudah semakin mantap dan tahu donk yah mana yang lebih efektif, kompres air hangat atau dingin jika anak demam? 

Baca juga : Ketahui Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares