Makna Perayaan Makan Onde Bagi Masyarakat Keturunan Tionghoa di Indonesia

Makna Perayaan Makan Onde Bagi Masyarakat KeturunanTionghoa di Indonesia

Tradisi yang masih ada hingga kini dan harus selalu dilestarikan oleh masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia yaitu perayaan makan Onde yang jatuh setiap tanggal 22 Desember tiap tahunnya, yang bertepatan dengan Hari Ibu.

Perayaan ini sendiri di Tiongkok merupakanperayaan festival Dongzhi atau Tang-cheh yangberarti musim dingin yang ekstrem. Perayaan Dongzhi merupakan sebuah perayaanuntuk berkumpul bersama keluarga di musim dingin, dimana pada moment tersebut mereka makan bersama menggunakan mangkuk di meja bundar. Sekitar tahun 1127Masehi, perayaan ini dilakukan bersamaan dengan doa untuk arwah nenek moyangdan memuja 5 unsur di Bumi, yaitu logam, air, api, tanah, dan kayu.

Makanan yang lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan Onde ini terbuatdari tepung ketan yang dipulung bulat, ukurannya bisa besarataupun kecil tergantung selera pembuat. Tampilan onde biasanya sangat menarik terdiri dari 3 warna yaitu putih, merah muda, dan hijau. Warna merah mudadan hijau berasal dari pewarnamakanan ataupun daun suji. Onde disajikan di dalam kuahhangat berisi air gula atau bisa juga ditambahkan jahe sehingga semakin menambah cita rasa. Padabeberapa variasi, onde ada juga yang diisi dengan kacang tanah atau cokelat.

Simbol kebersamaan dan ikatan antar anggota keluarga tercermin darisifatnya yang lengket karena terbuat dari tepung ketan. Sementara simbolhubungan erat keluarga yang manis tercermin dari manisnya kuah air gula.

simbol hubungan erat keluarga yang manis tercermin dari manisnya kuah air gula.

Keluarga biasanya berkumpul sehari sebelum perayaan untuk bersama-samamembuat onde. Lalu keesokan paginya melakukan ritual sembahyang dan makanbersama dengan aturan seseorang harus memakan onde yang jumlahnya sama denganumurnya dan ditambah 1.

Boleh nambah? Ya boleh tapi untuk sajian pertama ikuti aturan diatas yakarena aturan tersebut melambangkan berarti kita percaya dan berharap agar usiakita bisa bertambah setiap tahunnya sehingga bisa selalu berkumpul lagi bersamakeluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *