Ketahui Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Ketahui Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Ketahui Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Ketahui Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan dan Kecantikan Donor darah bagi saya adalah sebuah aksi heroik bagi para pendonor. Biasanya orang akan membantu sesama berupa materi, pengetahuan atau tenaga. Bayangkan, darah adalah bagian jaringan tubuh yang bisa kita bagi selama kita hidup.  Sebuah aksi kemanusiaan yang bertujuan tidak lain adalah membantu sesama manusia tanpa kita tahu siapa gerangan yang akan menerima darah kita.

Darah yang didonorkan nantinya akan melalui beberapa tahapan pemeriksaan sampai bisa ditransfusikan ke penerima (resipien) yang membutuhkan. Beberapa penyakit atau kondisi yang membutuhkan darah antara lain anemia, perdarahan akibat persalinan atau kecelakaan, dan juga beberapa kasus operasi besar. Ketentuan donor darah yaitu tiap 3 bulan sekali sejak donor darah terakhir. Namun aturan ini sudah diperbaharui oleh Permenkes 91/2015 yang menyatakan bahwa donor darah bisa dilakukan tiap dua (2) bulan sekali setelah donor darah terakhir.

Ketahui Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Ekspresi saat ditusuk jarum ^^

Hari ini tepat donor darah saya yang ke – 6 kalinya. Sebenarnya jika terdata dengan baik, saya telah melakukan donor darah sekitar kurang lebih 10 kali namun karena beberapa kali saya tidak membawa kartu donor, maka rekapan pencatatan donor dilakukan di kertas selembar yang bertuliskan PMI namun kertas tersebut hilang. Hiks padahal harusnya sudah bisa mendapatkan pernghargaan deh ya biar bisa memotivasi teman – teman lainnya.

Ketahui Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan dan Kecantikan
yeaaay berhasil!

Dokter Janet Stanzah adalah seorang dokter yang bergerak di bidang kecantikan. Beliau rutin melakukan kegiatan donor darah di rumah ibunda beliau yang berlokasi di area Jatimurni Bekasi. Kegiatan ini merupakan aksi donor darah ke empat kalinya. Berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Saya datang 30 menit menjelang acara selesai namun masih aman karena masih banyak peserta yang antri menunggu panggilan dan pendaftaran belum ditutup.

Ketahui Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Antusiasme sukarelawan Donor Darah

Beberapa manfaat donor darah rutin :

1. Menjaga kesehatan mental

Dengan tujuan membantu sesama manusia, maka kegiatan donor darah akan menurunkan risiko stres, memperbaiki emosi, menghilangkan perasaan negatif, menumbuhkan rasa empati pada orang lain.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Rutinnya melakukan donor darah dapat menurunkan kolesterol total, LDL, dan kadar cadangan zat besi dalam darah yang kesemuanya berisiko terhadap munculnya penyakit jantung.

3. Menurunkan risiko kanker

Beberapa risiko kanker yang dapat menurun akibat donor darah rutin yaitu kanker usus besar, kanker hati, kanker esofagus, kanker lambung, dan kanker paru.

4. Menurunkan berat badan

Setiap kali seorang pendonor memberikan darahnya, maka ia telah membakar sekitar 650 kalori.

5. Merangsang pertumbuhan sel darah merah baru

Tubuh akan merangsang pertumbuhan sel darah merah baru secara otomatis setelah seseorang melakukan donor darah. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah hemakromatosis, suatu kondisi medis yang disebabkan oleh kelebihan penyerapan zat besi di dalam tubuh.

6. Mencegah penuaan dini

Donor darah meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh, mencegah penuaan dini dengan meregenerasi sel kulit efeknya akan menghilangkan kerut dan keriput.

Ketahui Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Bingkisan dari PMI dan dr. Janet Stanzah

Jadi bagi Anda yang masih ragu, yuk segera dukung aksi kemanusiaan ini setelah membaca artikel Ketahui Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan dan Kecantikan sehingga hidup kita lebih berguna bagi sesama.

Baca juga : Orang Muda Semakin Banyak Kena, Ini Faktor Penyebab Gagal Jantung yang Perlu Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares