Manfaat Klorofil sebagai Zat Antioksidan dan Penyeimbang Metabolisme Tubuh

Manfaat Klorofil sebagai Zat Antioksidan dan Penyeimbang Metabolisme Tubuh

Tahukah kamu bahwa klorofil memiliki manfaat sebagai zat antioksidan dan penyeimbang metabolisme tubuh?

Klorofil atau zat hijau daun adalah pigmen tanaman yang berperan dalam fotosintesis dengan cara mengubah zat hara, karbondioksida, air dan energi cahaya matahari menjadi energi kimia.

Sayuran hijau berbentuk daun lebih banyak mengandung klorofil dibanding buah-buahan. Ia merupakan nutrisi yang sangat vital dan dibutuhkan oleh tubuh manusia. 

Manfaat Klorofil sebagai Zat Antioksidan dan Penyeimbang Metabolisme Tubuh

https://martadewa.wordpress.com

Zat hijau daun adalah satu satunya zat yang paling cepat bersenyawa dengan darah manusia, dikenali tubuh karena memiliki kesamaan molekul dengan sel darah merah. 

Riset membuktikan sifat aktif bio – molekulnya hilang jika mengalami proses pengolahan panas sehingga sayuran hijau yang dimasak matang telah kehilangan banyak zat penting yang dibutuhkan tubuh.

Klorofilin adalah suatu produk turunan klorofil semi sintetik yang berasal dari ganggang alfa. Klorofil dan turunannya ini bersifat antioksidan dan pembersih radikal bebas dalam tubuh serta dapat dengan mudah diserap oleh usus.

Antioksidan merupakan molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain. Zat oksidan sendiri merupakan radikal bebas yang cenderung tidak stabil di dalam sel sehingga dapat merusak sel – sel tubuh. Radikal bebas  di lingkungan sekitar kita contohnya polusi udara, asap rokok,  bahan pengawet, pupuk, sinar Ultra Violet, dan ozon.

Paparan terus menerus zat ini dapat nyebabkan suatu kondisi yang disebut stres oksidatif dimana kerusakan sel dimulai pada tingkatan seluler. Hal ini merupakan penyebab utama penyakit fatal seperti serangan jantung, kanker, asma, radang usus,  hingga penuaan dini.

Fungsi utama zat hijau daun terdiri atas :

  1. Cleansing
  2. Balancing
  3. Activating

Manfaat Klorofil sebagai Zat Antioksidan dan Penyeimbang Metabolisme Tubuh

Cleansing
Sifat lipofilik  (mudah berikatan dengan lemak) klorofil mengikat kotoran ataupun racun dalam tubuh yang berasal dari senyawa hidrokarbon berbahaya seperti obat – obatan, pengawet dan penyeda[ rasa makanan, nikotin, narkotika maupun logam berat yang berasal dari air minum dan asap kendaraan bermotor.

Balancing
Kandungan vitamin, mineral serta protein akan menyeimbangkan fungsi metabolisme dengan memberikan suasana basa. Menyeimbangkan gula darah, sistem hormonal dan sebagai antiseptik alami. 

Activating
Mengaktifkan regenerasi sel tubuh dan sebagai antioksidan (zat antikanker).

Saat ini para ahli telah memproduksi minuman rasa mint yang menyegarkan, berasal dari ekstrak daun alfalfa (Medicago sativa) yang mengandung 6 macam nutrisi. Chlorophyll plus dari Synergy menggunakan jenis klorifilin sehingga lebih stabil dan gampang diserap tubuh. 

Baca juga : Makna Perayaan Makan Onde Bagi Masyarakat Tionghoa di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares