Ulasan Film AQUAMAN Sang Pewaris Takhta Sejati Kerajaan Bawah Laut Atlantis

Ulasan Film AQUAMAN Sang Pewaris Takhta Sejati Kerajaan Bawah Laut Atlantis 

Aquaman, salah satu karakter Justice League, merupakan karakter superhero dari DC Comics bergenre petualangan aksi yang digarap oleh James Wan selaku sutradara. Naskah filmya sendiri sudah digarap sejak Agustus 2014 dan proses syutingnya dimulai sejak Mei 2017 yang mengambil Australia sebagai lokasi syuting terbanyak.

Film ini berlatar dominan nuansa kerajaan bawah laut yang ditunjukan sebagai peradaban yang menakjubkan, penuh teknologi nan canggih, dengan warisan Atlantis-nya yang sangat menarik. Temanya sederhana yaitu konflik keluarga, perebutan takhta, politik, dan cinta abadi.

Kisah Aquaman dibuka dengan penyelamatan seorang penjaga mercusuar Thomas Curry, yang menemukan Atlanna (Nicole Kidman), Ratu Atlantis yang terdampar ke daratan akibat kabur karena dipaksa memiliki kisah yang sama dengan Siti Nurbaya. Mudah ditebak selanjutnya, pertemuan dua insan beda dunia ini melahirkan Arthur (Jason Mamoa), pewaris kerajaan bawah laut Atlantis yang sejak kecil bisa berkomunikasi dengan para ikan, bernapas dalam air (apa dia minum Chlorophyll Plus), mampu bergerak dan bernavigasi dilaut dalam, serta memiliki kemampuan bertarung yang didapat dari pelatihnya Vulko, seorang pelayan setia kerajaan yang secara diam – diam melatihnya.

Sayangnya kisah cinta orang tua Arthur harus berakhir tragis karena Atlanna terpaksa harus kembali ke Atlantis demi keselamatan suami dan anaknya. Singkat cerita Atlanna dianggap sudah tiada karena dieksekusi dengan cara dikorbankan kepada Trench, kumpulan monster menyeramkan akibat penghkhianatannya.

Adik tiri Aquaman, Orm (Patrick Wilson) alias Ocean Master adalah sosok pemimpin yang sangat dicintai rakyatnya, berwibawa, kuat, namun memiliki ambisi berkuasa untuk menyerang dunia manusia dengan strategi menyatukan tujuh kerajaan untuk selanjutnya menyerang penghuni permukaan. Ulah manusia yang membuang sampah ke lautan juga lah yang menjadi salah satu dasar kenapa Orm seperti itu.

Kehidupan Arthur berjalan biasa sampai datanglah Mera (Amber Heard), putri Kerajaan Xebel, tunangan Raja Orm, yang memintanya mencegah ambisi Orm yang akan memakan banyak korban. Mera digambarkan sebagai sosok wanita mandiri, tangguh, pejuang, smart namun terkadang lugu yang memiliki kemampuan hidrokinesis, kemampuan untuk mengontrol air. Untuk mewujudkan hal itu mereka berdua terlibat dalam misi mencari trisula legendaris, berupa petunjuk berkelanjutan untuk menyatukan kerajaan Atlantis yang terpisah.

King Orm, adik tiri Aquaman

Musuh Aquaman ternyata bukan hanya Orm, sosok Black Manta (Yahya Abdul-Mateen II) seorang pencari harta karun dari permukaan akan membantu Orm mewujudkan ambisinya disulut oleh balas dendam pribadi Black Manta karena ayahnya tewas dalam pertarungan bawah laut saat Aquaman membebaskan kapal selam dari serangan bajak laut.

Perjalanan menarik dan menegangkan serta disisipi beberapa kalimat serta tindakan lelucon dari pasangan ini menjadikan alur cerita semakin hidup. Berbagai destinasi wisata seperti  New South Wales, Pantai Carrumbin Gold Coast, Maroko dan Sisilia Italia yang dijadikan lokasi syuting juga memanjakan mata saya untuk memicu keinginan travel more and more (duuh!!!).

Aquaman dihadapkan pada paksaan pilihan untuk menjadi pewaris Atlantis yang secara langsung menjadi jembatan penghubung bagi dua kehidupan yang berbeda whichtentunya akan menyelamatkan banyak kehidupan.

Pesan moral :

  1. Jadi cewe harus cakep (hahahahah gimana nasib saya yang buruk rupa ini) dan smart serta pinter bela diri (loh). Sepanjang film, entah kenapa saya tertarik banget melihat Nicole Kidman dan Amber Heard, bikin makin sadar kalo wanita wajib kudu mutlak ngerawat diri biar bersih bening mulus hahahaha (nyesel deh jarang pake sarung tangan sama kaos kaki kalo naik motor).
  2. Jagalah keseimbangan ekosistem laut. Kata – kata Orm di salah satu adegan harusnya membuat kita sadar akan pentingnya menjaga ekosistem laut. Cek yuk Greeneration Foundation  dan Banyuwangi Sea Turtle Foundation yang concern banget sama laut. 3. Sesama saudara jangan berantem hehehe apalagi sama kakak sendiri, kualat ya dek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares